rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Kliping Batik Nusantara

Pengertian Batik
Description: Proses Batik Tulis
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing.

Batik Tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan.
1.       Jenis batik

a.       Pembuatan batik cap
·       Menurut teknik
1.    Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
2.    Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
3.    Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

2.       Menurut asal pembuatan
Batik Jawa
Batik Jawa adalah sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.

3.       10 Alat dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis
 





 
  
































4.       Proses pembuatan batik tulis secara tradisional  melewati 7 tahapan pembuatan :

1.       Mbathik atau Nglowong, yaitu membuat pola pada kain dengan menempelkan malam menggunakan canthing tulis. Nglowong pada sebelah kain disebut juga “ngengreng” dan setelah selesai dilanjutkan dengan “nerusi” pada sebelah lainnya. Malam klowong yang digunakan pada proses ini tidak boleh bertekstur terlalu ulet agar nantinya mudah dikerok.
2.       Nembok, yaitu menutup bagian-bagian pola yang akan dibiarkan berwarna putih menggunakan malam. Lapisan malam mini berfungsi sebagai tembok penahan zat pewarna agar jangan merembes ke bagian yang ditembok. Malam tembok harus memiliki tekstur kuat dan ulet.
3.       Medel, yaitu mencelup kain yang telah diberi malam kedalam pewarna untuk memberikan warna dasar. Pada zaman dahulu, warna dasar ini adalah warna biru tua menggunakan bahan pewarna Indigo (bahasa jawanya adalah tom). Bahan pewarna ini tebilang sangat lambat untuk diserap oleh kain, sehingga harus dilakukan berulang kali.
4.       Ngerok dan Nggirah, yaitu menghilangkan lilin dari bagian-bagian yang akan diberikan warna soga. Biasanya proses ini menggunakan alat yang dinamakan cawuk (semacam pisau tumpul).
5.       Mbironi, yaitu menutup bagian-bagian yang akan tetap berwarna biru. Proses ini dilakukan pada kedua sisi kain.

6.       Nyoga, yaitu mencelup kain kedalam pewarna soga. Sebagaimana Medel, proses ini jika menggunakan pewarna alam juga harus dilakukan secara berulang dan setiap kali selesai pencelupan maka harus dikeringkan di udara terbuka.
7.       Nglorod, yaitu menghilangkan lilin batik menggunakan air mendidih.

Macam-macam Batik

v  Batik Purbalingga
Description: Batik Purbalingga

Batik yang berasal dari Jawa Tengah ini, memiliki ciri khas di proses pewarnaannya yang menggunakan bahan alami. Caranya dengan mencelup canting ke larutan kayu mahoni dan jantung pisang. Beda dengan batik lain, Batik Purbalingga punya warnya agak gelap, kalau tidak hitam maka cokelat, meskipun warna yang lain tetap ada.









v  Batik Keris
Description: http://images.solopos.com/2012/08/100812_SOLO_BATIK-DISNEY2.jpg

Ini adalah pakaian yang dihasilkan sebuah perusahaan batik asal Surakarta. Saking terkenalnya batik ini, tidak sedikit peminatnya yang justru datang dari luar negeri. Hal itu terjadi, karena dari sisi desain, pihak pengelola selalu menciptakan kreasi baru. Selain membuat pakaian batik untuk konsumen dewasa, mereka juga menyiapkan batik untuk pelanggan kecil.      

Batik Madura
Description: http://batiktulisharisa.com/wp-content/uploads/2013/06/Batik-Madura-TE016-detail2.jpg

Jika ingin mendapatkannya, ada baiknya Anda jalan-jalan ke Pamekasan. Jika dilihat dari sisi motif maka batik jenis ini boleh diadu, karena coraknya ada banyak sekali. Meski lebih sering mengedepankan batik dengan warna cerah, batik Madura yang gelap juga diminati pasar. Bagi kolektor batik, rasanya belum lengkap jika di lemari belum terpajang batik Madura. 

Description: http://nazlea.com/wp-content/uploads/2014/10/batik-indonesia-dan-asal-daerahnya.jpgDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHDPK1HoAqvhFV6AO15a1DtMpbbL2GB4UiZOWDHXvLATeQR6GGsyGzDiKT29YVqVbL1tJM2LSReHsA-O8xGwQzNo9KyCi5HYyH3eO84jIXi8IgdUaTfAY7EMVGW4OEcAjN6Eq7sJkfJrA/s1600/batik2.jpg



KLIPING

BATIK NUSANTARA








LOGO












NAMA LEMBAGA/SEKOLAH MASAING2
ALAMAT...
TAHUN


sok di emut gan supaya tugas cepet kelar...
sok dicomet gan.. wuaturhuhun..

ada yg belum paham ni gan!
-setelah kilik download now
-masuk ke https://docs.google.com
-ikuti langkah selanjutnya
-terbuka kan klipingnya..
-nah sekarang tekan Ctr+P 
-sok di print print gan atau di save ke pdf...
-manggap gan

nih pemanmpakannya kalo udah ke buka...


 jreng jreng cmiw gan print aja gan kalo udah bisa...



0 comments:

Post a Comment